Apa Arti dari Typo Ini Penjelasan Penyebab dan Jenis Jenisnya

Typo adalah istilah yang mainstream di sosial media. Tell co id Istilah ini sering sekali di gunakan untuk menyebutkan kesalahan dalam menulis atau mengetik . Namun apa sebenarnya arti typo ?

Typo sering terjadi saat penulisan menggunakan keyboard handphone maupun laptop. Mari simak penjelasan , penyebab serta jenis jenis typo dibawah ini agar kamu tidak salah paham tentang istilah typo

Penjelasan Atau Pengertian Typo

Typo bukanlah kata yang baru, tetapi kita baru menyadari istilah ini pada tahun 2012. Sebenarnya, istilah ‘typo’ sudah populer di luar negeri sejak tahun 2005.

Typo adalah singkatan dari kesalahan penulisan huruf, yang diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia menjadi salah ketik.

Menurut Kamus Merriam-Webster, typo adalah kesalahan (ejaan) pada sesuatu yang diketik atau ditulis. Di sisi lain, menurut Kamus Cambridge, kesalahan ketik adalah kesalahan kecil yang terjadi ketika teks diketik atau dicetak.

Dalam bahasa Indonesia, padanan kata untuk typo adalah salah ketik atau saltik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), typo didefinisikan sebagai kesalahan pengejaan yang disebabkan oleh salah menekan tombol pada keyboard.

Jadi typo itu memang sering sekali terjadi pada penulisan digital, bukan manual. Meski kadang dalam menulis manual kita juga kadang bisa typo.

Namun typo lebih sering kejadian ketika seseorang sedang menulis chat , salah mengetik di Microsoft Word. Hingga salah mengetik caption di sosial media.

Penyebab Terjadinya Typo

Sebenarnya banyak sebab typo ini terjadi salah satunya adalah beberapa hal umum yang saya contohkan dibawah ini sering menyebabkan typo : 

Terburu buru buru dalam mengetik

Penyebab paling umum dari kesalahan pengetikan adalah pengetikan yang terburu-buru. Terburu-buru berarti mengetik dengan tergesa-gesa dan jari-jari Anda mungkin melewatkan tombol yang salah.

Jadi, untuk meminimalkan kesalahan pengetikan yang disebabkan oleh pengetikan yang terburu-buru, periksa tulisan Anda terlebih dahulu sebelum Anda mengirimkannya.

Tombol pada keyboard atau layar pada smartphone terlalu kecil

Tidak semua keyboard atau layar handphone ukurannya sesuai dengan jari seseorang. Layar smartphone bisa jadi terlalu kecil, sehingga menyulitkan pengetikan bagi orang yang memiliki jari besar.

Ukuran jari yang tidak sesuai dengan keyboard akan meningkatkan kesalahan pengetikan dan terjadi berkali-kali.

Penggunaan koreksi otomatis

Koreksi otomatis adalah salah satu fitur yang paling berguna dari Google Keyboard. Fitur ini bertugas mengoreksi urutan kata yang tidak mengikuti kaidah bahasa.

Namun, tidak semua kata harus diubah sesuai dengan aturan bahasa, sehingga koreksi otomatis juga dapat menyebabkan kesalahan pengetikan.

Oleh karena itu, jika fitur ini sering menyebabkan kesalahan pengetikan, koreksi otomatis dapat dinonaktifkan.

Jenis Jenis Typo 

Ada beberapa macam jenis typo, mari simak jenis kesalahan tipografi yang umum sering terjadi dalam menulis berikut ini : 

Kesalahan ketik yang disengaja

Beberapa kesalahan ketik disengaja dan penulis tidak ingin memperbaikinya. Biasanya, kesalahan ketik yang disengaja dilakukan dalam pemasaran.

Contohnya seperti kesalahan ketik pada spanduk yang dipajang di dekat lampu lalu lintas untuk menarik perhatian orang.

Kesalahan ketik yang disengaja juga sering dilakukan untuk menciptakan rasa humor. Ini karena satu huruf dapat diubah untuk memberikan arti yang berbeda, terkadang lucu.

Kesalahan ketik atom

Kesalahan ketik atom adalah kesalahan ketik yang paling umum. Dalam kesalahan ketik atom, satu atau dua huruf hilang dari kata yang dimaksud. Dalam hal ini, kata tersebut memiliki arti yang berbeda.

Pemeriksa ejaan tidak dapat mendeteksi jenis kesalahan ketik ini karena kesalahan ketik atomik menghasilkan kata lain yang sudah ada. Contohnya adalah kesalahan ketik dari “lapangan” menjadi “pedang”.

 

Demikianlah penjelasan dari saya mengenai kesalahan ketik dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan dapat mengedukasi kita semua Terimakasih dan selamat membaca!